berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Pacitan Kelas II

Jalan Yos Sudarso Nomor 02 Pacitan. Telp (0357)881075-881062. Fax (0357)886254. Email pnpacitan@gmail.com

Area II

AREA II – PENATAAN TATA LAKSANA
Penataan tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses dan prosedur yang jelas serta terukur pada Zona Integritas menuju WBK.Target yang ingin dicapai:

Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen di Pengadilan Negeri Pacitan menuju WBK
Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen Pengadilan Negeri Pacitan menuju WBK.
Meningkatnya kinerja menuju WBK. Untuk mencapai target tersebut Pengadilan Negeri Pacitan melakukan upaya dengan indikator-indikator sebagai berikut : Membuat SOP yang mengacu pada bisnis proses, Membuat SOP turunan yang diterbitkan oleh pusat, dan Membuat SOP inovasi
Memastikan pelaksanaan tugas pegawai sesuai SOP dengan memasang informasi tentang alur atau prosedur layanan. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemasangan alur prosedur layanan dan foto-foto kegiatan.
Melakukan evaluasi SOP
Membuat laporan hasil evaluasi SOP
E-Office, pengukuran indikator ini dengan mengacu pada sistem pengukuran kinerja unit melalui aplikasi E-Monev, SIPP, dan Komdanas, dan sistem pengukuran inndividu melalui jurnal harian melaui aplikasi E-LLK. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung aplikasi E-Monev, SIPP, Komdanas dan E-LLK.
Memastikan manajemen SDM dengan menggunakan Aplikasi SIKEP
Pelayanan publik berbasis aplikasi : penggunaan IT di PTSP, SIPP, Antrian Sidang, Aplikasi PNBP Online, adanya Website dan adanya Sosial Media (Facebook, Twitter, Instagram, Youtube). Kegitan tersebut dilengkapi dengan data pendukung : Capture Website, aplikasi layanan dan media sosial.
Melakukan evaluasi dan monitoring terhadap pemanfaatan teknologi informasi setiap semester. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan undangan, notulen, daftar hadir, foto-foto dan dokumentasi kegiatan.
Keterbukaan informasi publik. Indikator yang dilakukan yang mengacu pada kebijakan tentang keterbukaan informasi publik yang sudah di terapkan di Pengadilan Negeri Wonosari meliputi : Menyiapkan informasi dengan berbagai infrastruktur dan konten yang memadai, disertai sikap dan keterbukaan. Prosedur yang memadai dengan indikasi memiliki website yang mudah diakses dan menerapkan keterbukaan informasi publik meliputi persyaratan berperkara, alur berperkara, papan panjar biaya perkara melalui spanduk/banner, website dan media sosial. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: Capture anggaran DIPA di Website, Capture spanduk, Website dan Medsos.
Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan informasi publik. Membuat laporan hasil monitoring yang di dukung dengan undangan, notulen, daftar hadir, foto-foto dan dokumen laporan.
Eviden dan Data Dukung
1. SOP
2. E-Office dan E-Government
3. Keterbukaan Informasi Publik






Sistem Informasi Penelusuran Perkara

Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) atau Case Tracking System (CTS) adalah Aplikasi berbasis web yang diperuntukan bagi Pengadilan Negeri Pacitan dalam Administrasi dan penelusuran (tracking) terhadap data perkara yang dapat di akses oleh semua para pencari keadilan.

Lebih lanjut

e-Raterang Surat Keterangan Online

Surat Keterangan Elektronik adalah produk terbaru dari DIRJEN Badan Peradilan Umum, dan berlaku di semua Pengadilan Negeri / Tingkat Pertama di seluruh Indonesia. ERATERANG adalah layanan Permohonan Surat keterangan secara Elektronik yang dapat diakses oleh pemohon dimanapun ia berada (selama ada akses internet via HP maupun Komputer/PC).

Lebih lanjut

Jadwal Sidang

Jadwal sidang Sebagai perwujudan dan pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik dan mendukung pelayanan, Pengadilan Negeri Pacitan menyediakan Jadwal Sidang yang dapat diakses baik secara Online maupun Offline. Jadwal Sidang ini bisa diakses dimanapun oleh pihak-pihak yang berperkara secara realtime.

Lebih lanjut

Siwas / Pengaduan

adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia. SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung. Identitas Anda sebagai pelapor akan dijamin kerahasiannya.

Lebih lanjut

Audio Book

Audio Book merupakan salah satu inovasi Pengadilan Negeri Pacitan Kelas II dalam usaha untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat penyandang disabilitas tunanetra maupun kaum rentan buta huruf. Saat ini pengadilan negeri Pacitan telah menyediakan 3 (tiga) layanan informasi berupa Audio Book, yaitu:
1. Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Negeri Pacitan Kelas.
2. Panduan Pendaftaran Akun dan Perkara Melalui E-Court Pengadilan Negeri Pacitan.
3. Persyaratan Perkara Perdata.
Klik tombol Audio Book dibawah

Buka Audio Book PTSP
Buka Audio Book Perdata
Buka Audio Book Panduan E-court